MAKALAH IPA
“INTERAKSI
MAKHLUK HIDUP DENGAN
LINGKUNGAN”
KELOMPOK
KAMIS
1.
Dila
Adelia
2. Triyana Aprilia B.
3. Sri Indah Novita S.
4. Nur Wahyu P.
5.
Akbar
Perdana Putra H.
SMPN
2 SARONGGI
TAHUN
PELAJARAN 2016
- 2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah kami
panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang telah memberikan banyak kenikmatnya kepada
kami. Sehingga kami mampu menyelesaikan Makalah dengan
judul INTERAKSI
MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN ini sesuai dengan waktu yang kami
rencanakan. Makalah ini kami buat dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kami sebagai penyusun pastinya tidak
pernah lepas dari kesalahan. Begitu pula dalam penyusunan makalah ini, yang
mempunyai banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mohon maaf atas segala
kekurangannya.
Kami ucapkan terima kasih kepada Guru Pengajar yang telah membimbing kami dalam penyusunan
makalah ini. Tidak lupa
pula kepada rekan – rekan yang telah ikut berpartisipasi. Sehingga makalah ini
selesai tepat pada waktunya.
Sumenep, April
2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................................ ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang............................................................................................................. 1
B.
Rumusan
Masalah ....................................................................................................... 1
C.
Tujuan........................................................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Lingkungan................................................................................................ 2
B.
Hal-Hal Yang Ditemukan Dalam Suatu Lingkungan.................................................. 5
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan
.................................................................................................................. 6
B.
Saran
............................................................................................................................ 6
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................................. 7
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Istilah lingkungan
berasal dari kata "Environment" yang memiliki makna "The
physical, chemical surrounding organism". Berdasarkan istilah tersebut,
lingkungan dapat diartikan sebagai segala seusuatu diluar individu yang
merupakan suatu sistem kompleks dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Kondisi
lingkungan dapat berubah- ubah sesuai dengan kondisi dan seberapa besar
komponen lingkungan itu dapat berpengaruh (Kementrian
Pendidikan dan kebudayaan, 2013).
Makhluk hidup yang merupakan komponen biotik tentu saja melakukan suatu interaksi. Interaksi tersebut bisa saja terjadi antar komponen biotik dan biotik maupun komponen biotik dengan abiotik. Interaksi yang dilakukan menghasilkan hubungan timbal balik, ada yang saling diuntungkan ada pula yang diuntungkan dan dirugikan. Antara komponen biotik dan abiotik, interaksi yang terjadi bisa saja antar spesies maupun diluar spesies. Pada bahasan ini kita memasuki tingkat organisasi kehidupan yaitu ditingkat ekosistem.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang
dimaksud dengan lingkungan ?
2. Hal-hal apa
saja yang ditemukan dalam suatu lingkungan ?
C.
TUJUAN
1. Untuk
mengetahui pengertian lingkungan.
2. Untuk
mengetahui hal-hal apa saja yang ditemukan dalam suatu lingkungan.
3.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN LINGKUNGAN
Istilah
lingkungan berasal dari kata “Environment”, yang memiliki makna “The physical,
chemical, and biotic condition surrounding an organism”. Berdasarkan istilah
tersebut, lingkungan secara umum diartikan sebagai segala sesuatu di luar
individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks
sehingga dapat memengaruhi satu sama lain.
Kondisi yang
saling memengaruhi ini membuat lingkungan selalu dinamis dan dapat berubah-ubah
sesuai dengan kondisi dan seberapa besar komponen lingkungan itu dapat
memengaruhi dengan kuat. Ada saatnya berubah menjadi baik dan tidak menutup
kemungkinan untuk berubah menjadi buruk.
Perubahan
itu dapat disebabkan oleh makhluk hidup dalam satu lingkungan tersebut.
Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu seperti berikut :
1. Komponen
biotik, yang terdiri atas makhluk hidup seperti: manusia, hewan, tumbuhan, dan
jasad renik.
2. Komponen
abiotik, yang terdiri atas benda-benda mati seperti: air, tanah, udara, cahaya,
dan sebagainya.
Gambar Burung bangau yang bertengger
pada pohon.
Sumber: Dokumen pribadi Drs. Paskal
Sukandar, M.Si
Setiap
makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat hidupnya. Tahukah
kamu tempat hidup itu disebut habitat. Dalam suatu habitat, terdapat berbagai
jenis makhluk hidup (biotik) dan lingkungan tak hidup (abiotik). Nah, tempat
yang kamu kunjungi itu bisa jadi merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk
hidup. Dan pada tempat tersebut terjadi interaksi antara makhluk hidup dan
makhluk tak hidup.
Kegiatan 2.1
Mempelajari
Lingkungan
Apa yang kamu amati pada gambar 2.2
?
Pada gambar tersebut terdapat air,
ikan, dan tumbuhan air.
1.
Bagian yang hidup adalah …
2.
Bagian yang tidak hidup adalah …
3.
Bagaiman bagian yang hidup dan tidak hidup dapat
berinteraksi ?
Alat dan
Bahan
1.
Botol plastic bekas air mineral ukuran 2 liter
2.
Gunting
3.
Pasir
4.
Kerikil
5.
Penggaris
6.
Air
7.
Tumbuhan Elodea
dan Hydrilla
8.
Ikan kepala timah/cere Guppy
9.
Makanan ikan
Lakukan
percobaan dengan langkah-langkah berikut.
a.
Potonglah bagian atas dari botol plastic yang telah
dicuci.
b.
Tuangkan lapisan pasir setebal 5-10 cm di bagian dasar
botol
c.
Isilah botol tersebut dengan air sampai 5 cm di bawah
permukaan botol dan biarkan terbuka selama 2 hari. Jaga volume air agar tetap
stabil dengan menambahkan air untuk mengganti air yang menguap dari botol
d.
Tanamlah Elodea
/ Hydrilla dan tambahlah 2 cm lapisan kerikil.
e.
Bila air telah jernih, tambahkanlah seekor ikan kepala
timah atau ikan koki atau ikan lain yang berukuran kecil.
f.
Berilah makan ikan dengan memasukkan makanan ikan
secukupnya setiap hari.
g.
Sekarang kamu telah membuat suatu lingkungan yang
disebut ekosistem.
h.
Amatilah ekosistemmu setiap hari dan catatlah apa yang
kamu amati dalam buku catatanmu. Pastikan kamu mengamati tentang bagian yang
hidup dan bagian yang tidak hidup dalam ekosistemmu.
Analisislah hasil kegiatanmu dengan
menjawab pertanyaan berikut !
a.
Bagaimana bagian-bagian dalam botol berinteraksi untuk
menyusun ekosistem ? Jelaskan!
b.
Apa yang diperlukan untuk menjaga agar ekosistem
tersebut sehat ?
Presentasikan hasil percobaanmu di
depan kelas.
B. HAL-HAL YANG DITEMUKAN DALAM
SUATU LINGKUNGAN
Disekolah
kamu menghabiskan waktu dalam ruang kelas untuk berinteraksi dengan teman dan
guru. Setelah kegiatan sekolah selesai, mungkin kamu pergi ke lapangan
olahraga, ke took buku, atau berjalan menuju tempat bermain. Setiap hari, kamu
menuju ke tempat yang berbeda di sekitarmu. Pernahkan kamu mencatat tempat yang
kunjungi ? Apakah kamu juga mempelajari interaskimu dengan lingkungan yang kamu
kunjungi ?
Setiap
makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat hidupnya. Tahukan
kamu, tempat hidup dinamakan habitat. Dalam suatu habitat, terdapat berbagai
jenis makhluk hidup (biotuk) dan makhluk tak hidup (abiotik).
Tempat yang
kamu kunjungi merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Pada tempat
tersebut akan terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
Tabel 2.1
Hasil pengamatan lingkungan
No.
|
Makhluk Hidup (Biotik)
|
Jumlah
|
Makhluk Tak Hidup (Abiotik)
|
Keterangan
|
1
|
…
|
…
|
…
|
…
|
2
|
…
|
…
|
…
|
…
|
3
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4
|
…
|
…
|
…
|
…
|
5
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Buatlah kesimpulan dari kegiatanmu
dengan mengaitkan peran setiap komponen tersebut.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan
penjelasan di atas maka dapat disimpulkan:
1. Lingkungan adalah segala sesuatu di luar individu.
Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks sehingga dapat
memengaruhi satu sama lain.
2. Hal-hal yang
ditemukan dalam suatu lingkungan dapat berupa makhluk hidup (biotic) maupun tak
hidup (abiotik).
B. SARAN
Berdasarkan
makalah yang dibuat, penyusun menyadari masih banyak kekurangan dari makalah
ini. Untuk itu penyusun menerima kritik dan saran yang membangun demi
sempurnayan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Hendro
Darmodjo.1993. Pendidikan IPA 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar